Wednesday, April 27, 2011

Semangat Sang Samurai

Yeep,... 
berhubung D'shadows bulan Mei udah terbit,.. :) :)
aku mau co-pas sedikit tulisanku dari bulletin itu fufufufuff :p :p



Mina,... pernah dengar istilah bushido??? :) :) :)
Yepp bushido!! Bushido itu adalah kode etik kepahlawanan golongan samurai dalam feodalisme Jepang. selain menjadi kode etik, bushido juga merupakan jalan hidup para samurai jepang, bushido ini menjadi prinsip hidup yang sudah mendarah daging dari zaman leluhur di jepang. Makna bushido sendiri adalah sikap rela mati demi negara/ kerajaan dan kaisar, bushido berarti pengabdian, kejujuran, tidak mencari kekayaan dunia atau materialistis, tetapi mencari kehormatan dengan jalan jalan berjuang demi negara/kerajaan dan kaisar. Para samurai bertempur di medan perang demi membuktikan pengebdiannya pada negara/kerajaan. Para samurai akan bertarung mempertaruhkan nyawa demi membela negara/kerajaan. Jika para samurai tersebut gagal, mereka akan melakukan seppuku (harakiri) / bunuh diri.

Kini zaman samurai itu telah berakhir, namun Bushido as the way of life, telah berakar menjadi jalan hidup bagi masyarakat Jepang. Semangat bushido tidak lagi di buktikan dengan pertarungan berdarah, namun dengan semangat kerja keras, mempertaruhkan waktu, tenaga, pikiran demi kemajuan bangsanya. Jika seorang gagal dalam memenuhi tugas/ kewajibannya maka ia akan lebih memilih untuk melakukan seppuku(harakiri). Bagi masayarakat Jepang, apapun peran dan posisi mereka, mereka yakin dan percaya bahwa semua yang mereka lakukan adalah demi membela negara mereka, kerana itulah, seluruh masyarakat Jepang senantiasa bersungguh-sungguh dalam mengerjakan segala tanggung jawab yang menjadi kewajibannya. Inilah yang membuat negara Jepang menjadi negara maju yang tidak tergerus oleh arus Globalisasi sedikitpun.

Semangat bushido ini, seharusnya tidak saja menjadi jalan hidup dan prinsip bagi masayarakat Jepang. Kita dapat menanamkan prinsip bushido ini dalam hidup kita. Semangat yang akan membuat kita rela berkorban tanpa pamrih, berjuang, dan senantiasa berusaha maksimal demi nusa bangsa kita. Terutama sebagai seorang statistisi masa depan. Kita adalah Samurai Statistik bagi Indonesia. Data kita adalah pedang yang akan kita gunakan untuk berjuang demi negara ini. Dimanapun kita berada nantinya, semangat sang samurai sebagai seorang statistisi selayaknya sudah berakar di hati kita.

The End

No comments:

Post a Comment