Monday, July 4, 2011

Jadilah Sahabat Bumi






Pernahkah sejenak kita tersadar betapa alam yang berada disekeliling kita begitu berharga dalam hidup kita? Dengan mudahnya kita dapat bernafas, melihat karena adanya sinar matahari, merasakan kesegaran air, dan berbagai hal lain yang telah menyokong kehidupan kita selama ini. Namun, bagi sebagian orang, kenikmatan tersebut tidak pernah disadari, entah karena telah terbiasa dan tidak pernah merasakan hidup tanpa udara, air, dan cahaya, atau memang sengaja menutup hati dari anugrah Tuhan yang tak terkira dalam hidupnya.

Sahabatku, bumi tempat kita berpijak adalah titipan Tuhan Yang Maha Kuasa. Bumi diciptakan Tuhan untuk menyokong kehidupan kita. Tetapi berapa banyak kita telah mengotori bumi? Tanpa sadar kita telah banyak melukai bumi yang dititipkan Tuhan untuk kita jaga. Banyak tindakan kita yang mencerminkan sifat tak tahu berterimakasih pada alam yang telah menyokong kita, tidak bersyukur pada pemberian Tuhan kepada kita.
Oleh karena itu, mari sahabat kita rubah pandangan dan pola hidup kita yang selama ini telah melukai alam tempat kita berpijak. Tentu kita tidak dapat melakukan segala hal untuk alam ini, namun bukan berarti kita tidak dapat berbuat sesuatu untuk alam kita. Tidak perlu memaksakan diri melakukan hal-hal yang berat dan mustahil, dengan tindakan-tindakan kecil yang secara kontinyu terus kita lakukan sembari terus memperbesar langkah dalam setiap tindakan kita, maka kita dapat menyelamatkan bumi kita tercinta.

Hal-hal kecil yang dapat kita lakukan diantaranya, membuang sampah pada tempatnya, tidak serta merta membuang plastik, kertas, botol, dan segala yang bisa didaur ulang dengan sembarang, melainkan memberikan kepada pemulung atau pengumpul barang bekas untuk dijual atau digunakan lagi. Kita juga bisa menolong bumi dengan menghemat penggunaan listrik. Seperti matikan lampu kamar saat tidak digunakan, matikan listrik saat meninggalkan kos, menggunakan air secara proporsional,dll. Memelihara lingkungan tempat tinggal kita dengan menjaga kebersihannya, menanami berbagai tanaman hidup untuk menjadi filter oksigen, dsb.

Tindakan sederhana tersebut terlihat sepele namun syarat akan makna bagi bumi kita. Jangan menunggu dan hanya melihat orang lain yang melakukannya, tapi mari kita bergabung menjadi sahabat bumi dengan menjaga pola hidup yang hijau dan sehat.
Semua itu dapat  terlaksana dengan mudah jika ada kesadaran yang tumbuh dalam hati kita. Tidak peduli berapa usiamu, seberapa dalam pengetahuanmu, atau seberapa hebat kamu, namun jika didalam hati kita tidak ada kesadaran untuk bertindak, menyelamatkan bumi ini, maka seluruh tindakan “go green” seperti itu akan sangat sulit dilakukan.

Mulailah tumbuhkan kepekaan hatimu terhadap semesta, lakukanlah hal-hal kecil dengan penuh keikhlasan. Niscaya langkah-langkah kecil yang dilakukan secara bersama-sama akan memberikan pengaruh yang luar biasa bagi bumi kita.

Ingatlah sahabat, Tuhan menitipkan alam raya ini untuk kita jaga dan kita cintai. Bersyukurlah atas anugrah indah ini dengan menjaga alam di sekitar kita. Mulai dari diri kita sendiri, mulai dari hal kecil, dan mulailah saat ini juga, dan jadilah sahabat bumi. J

No comments:

Post a Comment