Wednesday, May 18, 2011

Let's Save Our Coral Reef

Dhy jadi mengingat how I persuaded people around in Pulau Mansinam, Pulau Lemon, and also make a big publication and poster with my friend to socialized about The Coral reef,.. :) :)
that was fun a lot :D :D :D
I miss those moment where almost everyday, I and my teammates, puput and also epi have to go to University of papua to get a special lecture about the coral reef,..
and we also have to go to Dinas Perikanan dan Kelautan in jalan baru (helped a lot by my friend Ami, to get a lot of information about coral reef ) :) :) :)

and I still remember how anthusiastic (did I spell it correctly?? :p ) we were,.. :) :)
escaping the class under the circumsantence of Mrs Ludia and Mrs Ismi (our lovely biology teachers :) )
just to attending The Techinical Meeting (that actually just an registeration time :p ) 
but you know what, just after we arrived in the pointed place, we found the room is empty (T__T) and the cleaning service ( actually Im not sure that person is cleaning service :p ) told us easily that there's no one even held in that room for that day (Arrrgghhh!!! that was suck!! hehehe :p)
but smartly we five (puput putri, puput supiyati, me, ami, and also selviana) go around in sanggeng,.. and that was about 12 am. where the sun is directly up on your head! hahahahaaa,...
what a beautifull moment we felt,.. :)
at least we could get some free cold drink :) :) :)

and back to the point :) :)

so this is the big team line that me and my teammates made for compiting in coral reef reservation :p :p



(anyway this animation look cute, right?? :) :) )

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki keanekaragaman laut (marine biodiversity) yang sangat tinggi di kancah dunia. namun sayang, kekayaan alam yang melimpah ruah ini tidak disertai dengan upaya pelestarian dan pengembangan yang baik.

terbukti saat ini, kondisi terumbu karang Indonesia (sebagai salah satu keanekaragaman laut yang terbesar)  yang masih tergolong baik hanya berkisar kurang dari 40%. selebihnya telah mengalami kerusakan. yang sangat disayangkan bahwa kerusakan yang terjadi kebanyakan di sebabkan oleh manusia-manusia itu sendiri yang seharusnya menjaga dan melindungi terumbu karang tersebut.

Dan tentunya, kerusakan yang dilakukan ini terjadi karena kurangnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan terumbu karang itu sendiri. padahal kalau mau di lihat, terumbu karang adalah kekayaan alam yang sangat penting bagi kehidupan manusia. sehingga kita sebagai msyarakat yang turut merasakan manfaat dari terumbu karang itu sendiri wajib untuk menjaga dan melindungi terumbu karang dari kerusakan.

ada beberapa cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk meningkatakan pengetahuan kita dan kesadaran kita akan terumbu karang itu, yaitu:
1. Banyak mencari informasi tentang terumbu karang dengan cara membaca buku, browsing info terumbu karang di internet, dll.
2. lakukan sosialisasi perlindungan dan pelestarian terumbu karang kepada orang lain, mulai dari orang yang terdekat.
3. melakukan upaya pelestarian terumbu karang mulai dari hal terkecil, seperti tidak membuang limbah ke laut, tidak mengeksploitasi karang secara berlebihan, dll.
4. ajak semua orang untuk peduli pada terumbu karang kita.

Demikian beberapa langkah sederhana yang dapat kita lakukan. semoga dngan langkah kecil ini kita dapat melindungi terumbu karang kita dari ancaman kerusakan.
Cintai lingkungan kita, Hidup tentram damai dan bahagia....^_^

No comments:

Post a Comment